Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti yang memperlombakan rancangan mobil kreasi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dan memperlombakan 2 kategori yakni Urban dan Prototype dengan 4 kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan, yakni Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Ethanol, MPD Diesel dan Motor Listrik.

Tahun ini KMHE diselenggarakan di Universitas Negeri Malang, tanggal 24 – 28 September 2018. UMS pada kesempatan ini mengirimkan 3 tim yang terdiri dari Tim Bayu Surya (prototype bensin), Tim Ababil Evo II (prototype listrik) dan Tim Trisula (urban listrik)

Ketiga tim tersebut pada hari Senin 16 September 2019 dilepas oleh Wakil Rektor III UMS Taufik Kasturi, PhD di Gedung Induk Siti Walidah, yang dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMS, para Kaprodi yang para mahasiswanya terlibat dalam tim tersebut yakni Prodi Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Industri, para mahasiswa dan wartawan.(nan)