Sukoharjo, 26 November 2018 Gelaran UMS Otocontest 2018 ini dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 24 – 25 November 2018 yang bertempat di GOR UMS Solo. Setiap tahunnya UMS Otocontest selalu menjadi bagian dari serangkaian acara HUT UMS. Dan pada pelaksanaan UMS Otocontest yang ke 17 ini juga bertepatan dengan HUT UMS Ke 60. Perjalanan UMS Otocontest sejak tahun 2002 hingga tahun 2018 selalu mengalami evolusi, dimana selalu ada ciri khas dan tema yang berbeda pada setiap tahunnya. Pada tahun 2018 ini UMS Otocontest kembali hadir dengan mengusung tema Creating The Heroes With Education. Dimana ada sebuah misi edukasi yang perlu ditekankan dalam sebuah gelaran kontes modifikasi motor di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan suatu pembelajaran bagi para kontestan maupun pengunjung yang berpartisipasi dalam event UMS Otocontest ini. Misi edukasi itu kemudian diimplementasikan dalam beberapa konten diantaranya yaitu Creative Industri Motorshow, History of Indonesian Motorcycle, Kustom Psint, dan Talkshow Edukatif dari para praktisi automotive ternama di Indonesia.

Pada gelaran UMS Otocontest 2018 ini juga mengusung sub tema Appreciate All Genres, yang merupakan sebuah harapan agar pelaksanaan event ini mampu mewadahi semua genre modifikasi di Indonesia. Ada 14 kelas modifikasi diantaranya Street Racing Local AD, Fashion Bolt On Open, Street Racing, Pure Thailook, Racing Thailook, Racing Style Open, Sticker/Decal, Airbrush Open, Retro Under 90’s Modify, Scooter/Vespa Retro Klasik, Choppy Cub/Street Cub, All Tracker/Scrambler/Caferacer, Chopper/Bobber/Boardtracker dan Free For All. Selain itu ada 40 The Best kategori yang disiapkan oleh panitia penyelenggara untuk mengapresiasi setiap detail dari sebuah modifikasi. “Ada 172 kontestan yang ikut berpartisipasi dalam event ini, pencapaian ini merupakan sebuah peningkatan signifikan dari gelaran UMS Otocontest tahun lalu.” Tutur Irham Baihaqqy selaku Ketua Panitia UMS Otocontest 2018.

Banyaknya konten edukasi didalam gelaran UMS Otocontest 2018 ini memberikan sebuah kepuasan tersendiri kepada para pengunjung yang hadir dalam event tahunan ini.”Tujuan kami adalah memberikan sebuah edukasi kepada masyarakat melalui konten yang menarik sehingga ada sesuatu hal yang didapatkan pengunjung ketika pulang dari UMS Otocontest 2018.” Ungkap Auliya Imam Maulana selaku Ketua Umum KMTM UMS. Selain itu panpel juga menggandeng lembaga amal Lazismu untuk mengajak pengunjung dan kontestan agar ikut berpartisipasi dalam penyaluran donasi kepada korban bencana alam di Indonesia. Ada 10% dari tiketing dan registrasi yang kemudian akan didonasikan untuk para korban bencana alam di Indonesia.