Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) kembali mengadakan “WORKSHOP PKM 5 BIDANG” yang dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 13 maret 2015 di gedung H405-H406, diantaranya:

  1. PKM Kewirausahaan
  2. PKM Karsa Cipta
  3. PKM Penelitian
  4. PKM Teknologi
  5. PKM Masyarakat

Acara ini sengaja dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Mesin untuk memberikan wawasan dan dorongan kepada mahasiswa Teknik Mesin khususnya dalam bidang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) terutama untuk menampung dan penyalurkan ide-ide kreatif pada bidang-bidang yang terkait dengan PKM tersebut. Kegiatan ini diisi oleh Ibu Kun Harismah, Ph.D selaku Dosen dari Teknik Kimia yang sudah expert di bidang ini. Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin bpk. Tri Widodo Besar Riyadi, Ph.D dan Pembantu Pengurus Jurusan (PKJ) bidang kemahasiswaaan Bpk. Amin Sulistyanto, ST. Dalam sambutannya Bpk. Tri Widodo BR,P.hD sangat mengharapkan adik-adik mahasiswa khususnya Teknik Mesin agar dapat berprestasi setinggi-tingginya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Banyak mahasiswa yang antusias menghadiri pada acara ini yaitu tercatat 120 mahasiswa dari berbagai angkatan. Selaku pembicara ibu Kun Harismah, Ph.D menyampaikan bagaimana cara mudah untuk sukses PKM, salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca jurnal ilmiah baik Nasional maupun Internasional serta peka terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setelah penyampaian materi selesai banyak pertanyaan yang dilontarkan tentang masalah PKM. Salah seorang peserta bertanya tentang bagaimana untuk dapat menemukan ide atau gagasan dalam pembuatan PKM. Beberapa jawaban dari ibu Kun Harismah, Ph.D antara lain:

  1.  Megikuti Seminar-seminar Nasional/internasional
  2.  Melihat sekaligus memahami judul-judul PKM yang sudah didanai
  3.  Membaca jurnal-jurnal imiah
  4.  Menonton televisi yang berhubungan dengan acara ilmiah.

Selain itu beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk selalu membuka dan membaca berita-berita yang termuat di web DIKTI, yaitu simlitabmas karena berbagai informasi yang dilaksanakan oleh dikti di-upload di situ. Beliau juga menyarankan untuk membuka situs yang bebas diakses seperti libgen.rus.ec atau libgen.org karena banyak sumber bacaan ilmiah yang bisa digunakan untuk referensi. Setelah acara penyampaian PKM 5 BIDANG ini selesai kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Student Of Mechanical Engineering Competition (SMEC) yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2014 oleh Jurusan Teknik Mesin UMS.